Selasa, 05 Januari 2016

Pengantar Bisnis Informatika: PT. BALI TOWERINDO SENTRA Tbk




PROFIL PERUSAHAAN          

Alamat kantor/Head Office:
Menara Telekomunikasi Terpadu Jl. Sunset Road No. 5, Lingk. Abianbase Kuta, Bali, Indonesia 80361
Telp. : (0361) 767629, Fak. : (0361) 766059


RIWAYAT SINGKAT PERUSAHAAN

2006
Perseroan didirikan berdasarkan No.12 tanggal 6 Juli 2006 yang dibuat di hadapan Triska Damayanti, S.H., Notaris di Kuta, Bali. Akta Pendirian tersebut telah memperoleh pengesahan dari Menkumham berdasarkan Surat Keputusan No. W16-00119 HT.01.01- TH.2006, tanggal 28 November 2006 dan telah didaftarkan dalam Daftar Perusahaan sesuai UUWDP dengan Tanda Daftar Perusahaan No.22081474409 di Kantor pendaftaran Perusahaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Badung, tanggal 23 Januari 2007, serta telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 55 tanggal 10 Juli 2007, Tambahan No.6861.

2007
            Perseroan memperoleh ijin pembangunan menara telekomunikasi sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Badung Nomor 652/02/HK/2007 untuk periode 20 (dua puluh) tahun dari Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

2008
Perseroan melalui anak perusahaan Perseroaan PT PIM memperoleh ijin pembangunan menara telekomunikasi sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Tabanan Nomor 86 tahun 2008 untuk periode 20 (dua puluh) tahun dari Kabupaten Tabanan. Menara telekomunikasi milik Perseroan yang tersebar di Kabupaten Badung mulai beroperasi.

2010
Perseroan mulai bergerak di jaringan Transmisi dengan Perseroan memperoleh lisensi JARTUP (Jaringan Tetap Tertutup) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 356/KEP/M.KOMINFO/10/2010.

2012
Perseroan mulai melakukan ekspansi membangun dan mengoperasikan menara di seluruh Kabupaten di Provinsi Bali. Akhir 2012 Perseroan memiliki 119 menara yang telah beroperasi.
2013
Perseroan memperoleh lisensi Internet Services Provider (“ISP”) berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi Nomor 288 Tahun 2013. Perseroan berubah status menjadi Perusahaan Terbuka berdasarkan Berita Acara Rapat No. 138, Tanggal 30 September 2013, yang dibuat oleh Notaris Hannywati Gunawan, S.H., Notaris di Jakarta (“Akta No. 138/2013”), yang mana perubahan tersebut telah mendapatkan Persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan No. AHU-61437.AH.01.02.Tahun 2013 tanggal 26 November 2013.

2014
Perseroan resmi efektif sebagai perusahaan terbuka pada tanggal 4 Maret 2014 dan tercatat pada Bursa Efek Indonesia pada tanggal 13 Maret 2014. Pada tanggal 18 Juli 2014, salah satu Entitas Anak Perseroan yaitu PT. Paramitra Intimega, telah menandatangani Perjanjian Kerjasama Penyediaan Infrastruktur Fiber Optic dengan PT. Indonesia Comnets Plus (“ICON+”) untuk mendukung Sistem Small Cell Base Station (BTS) yang akan dibangun oleh Perseroan dan Entitas Anak di beberapa kota-kota besar di Indonesia.



KEGIATAN USAHA PERUSAHAAN
PT Bali Towerindo  Sentra Tbk (“Perseroan”) merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa penyewaan menara telekomunikasi terkemuka di Provinsi Bali. Perseroan menyewakan menara telekomunikasi untuk instalasi dan pemasangan antena dan peralatan lain dengan transmisi sinyal telekomunikasi nirkabel dan fibre optic terintegrasi berdasarkan perjanjian jangka panjang dengan operator-operator telekomunikasi di Indonesia. Pengembangan portofolio menara telekomunikasi Perseroan tetap didasari oleh beberapa aspek, antara lain tetapi tidak terbatas pada, pembangunan menara telekomunikasi sesuai kebutuhan operator (built to suit), akuisisi menara telekomunikasi yang sudah ada dengan mempertimbangkan antara lain tingkat pengembalian investasi, potensi kolokasi, kemudahan penyewaan atau pembelian lahan untuk lokasi tersebut, kemudahan persetujuan dari komunitas sekitar dan kualitas kredit calon penyewa. Perseroan secara konsisten terus meningkatkan jumlah kolokasi untuk mendukung peningkatan arus kas. Hal ini terjadi karena biaya tambahan yang timbul sehubungan dengan kolokasi relatif rendah dibandingkan dengan tambahan pendapatan atas kolokasi tersebut. Pencapaian tingkat kolokasi dan pertumbuhan menara, Perseroan diyakini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi LTE yang akan diimplementasikan oleh para operator dalam waktu dekat di Indonesia. Dengan berbekal kepemilikan lisensi JARTUP (Jaringan Tertutup) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 356/KEP/M. KOMINFO/10/2010, Perseroan memulai untuk melakukan ekspansi diluar dari Provinsi Bali, dengan mengambil alih pengembangan project pembangunan Microcell Pole tersebut, dengan mengajukan konsep kerjasama untuk pembangunan Microcell Pole kepada Pemerintah Daerah dan/atau Pemerintah Kota setempat, dengan menawarkan arsitektur jaringan C-RAN (Cloud Radio Access Network) untuk teknologi 4G akan lebih efisien dan perangkat menara lebih kecil karena penempatan Base Band Unit (BBU) unit ditempatkan pada satu lokasi (Master Site). Hal ini dilatarbelakangi dengan komunikasi data yang semakin cepat menjadi kebutuhan masyarakat, dan untuk teknologi 4G kebutuhan menara dan cakupan semakin rapat (Small Cell Coverage) dalam rangka menuju konsep Smart City. Sebagai langkah awal, Perseroan sedang mempersiapkan hal-hal yang berupa administratif maupun dokumen legal terkait pengembangan inovasi baru tersebut, dan telah merencanakan sebanyak kurang lebih 5000 (lima ribu) tiang mikro seluler dan kurang lebih 40 (empat puluh) menara Base Transceiver Station ("BTS") di beberapa kota di pulau Jawa dan Bali, sebagai target pada tahun 2015.



VISI DAN MISI PERUSAHAAN

VISI
·         Menjadi penyedia infrastruktur menara terintegrasi terbesar di Propinsi Bali.
·         Menjadi penyedia Microcell Pole terbesar di Indonesia.

MISI
·         Menyediakan sistem jaringan teknologi terkini di Indonesia.
·         Membangun menara telekomunikasi dan Microcell Pole yang dapat melayani layanan cakupan di seluruh wilayah Indonesia.
·         Memberikan layanan internet tercepat menggunakan jaringan yang telah dimiliki.




      Pendapatan
Pendapatan usaha Perseroan selama tahun 2014 adalah sebesar Rp136.527 juta atau meningkat sebesar Rp33.333 juta (32%) dibandingkan tahun 2013 sebesar Rp103.194 juta. Kenaikan ini terutama disebabkan oleh peningkatan jumlah penyewa menara dari 410 menjadi 440 dan peningkatan jumlah menara telekomunikasi yang dibangun dan disewakan.

      Aset
Jumlah aset Perseroan pada tanggal 31 Desember 2014 adalah sebesar Rp808.768 juta atau meningkat sebesar Rp150.399 (23%) dibandingkan tahun 2013 sebesar Rp658.369 juta. Aset lancar Perseroan mengalami penurunan sebesar Rp4.927 juta atau turun sebesar 9% dari tahun 2013 sebesar Rp56.737 juta menjadi Rp51.810 juta. Hal ini terutama disebabkan oleh penurunan pada piutang usaha sebesar Rp22.650 juta atau 57% dikarenakan penagihan piutang yang lebih lancar, yang dioffset dengan kenaikan kas dan setara kas sebesar Rp18.333 juta atau 266%. Aset tidak lancar Perseroan mengalami kenaikan sebesar Rp155.326 juta atau naik sebesar 26% dari tahun 2013 sebesar Rp601.632 juta menjadi Rp756.958 juta pada tahun 2014. Hal ini terutama disebabkan oleh kenaikan pada aset tetap sebesar Rp59.317 juta atau 792% akibat penambahan bangunan master site dan properti investasi sebesar Rp93.513 juta atau 18% akibat penambahan menara BTS dan kenaikan nilai wajar properti investasi.

SUMBER DAYA MANUSIA
Pada akhir tahun 2014, Perseroan memiliki jumlah karyawan sebanyak 189 orang. Selain itu, entitas anak PT PIM juga mengalami peningkatan jumlah karyawan sebanyak 45 orang. Berikut komposisi jumlah karyawan Perseroan beserta entitas anak Perseroan:

Seiring dengan evolusi teknologi telekomunikasi dan pertumbuhan industri telekomunikasi seluler di Indonesia yang dinamis, sumber daya manusia menjadi sangat penting bagi pertumbuhan, peningkatan daya saing dan kelangsungan Perseroan saat ini dan di tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu, Perseroan memandang perlu untuk menerapkan program pelatihan yang berkesinambungan, baik dalam hal pengembangan diri, perspektif bisnis dan manajemen, serta pengetahuan teknis.



KOMENTAR PRIBADI

            Perusahan Bali Towerindo Sentra Tbk menurut Saya pribadi adalah sebuah perusahaan yang cukup besar. Sesuai dengan nama perusahaan, perusahaan ini menyediakan dan menyewakan tower telekomunikasi kepada perusahaan-perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia. Walaupun di tahun 2014 perusahaan hanya menyediakan dan menyewakan menara di Provinsi Bali, tetapi target perusahaan di tahun berikutnya yaitu beberapa kota di pulau Jawa. Dari rangkuman informasi yang didapat di atas tidak ditemukan perincian barang/jasa yang ditawarkan dari perusahaan, tapi dapat diketahui dari Kegiatan Usaha Perusahaan yaitu, Perseroan menyewakan menara telekomunikasi untuk instalasi dan pemasangan antena dan peralatan lain dengan transmisi sinyal telekomunikasi nirkabel dan fibre optic terintegrasi berdasarkan perjanjian jangka panjang dengan operator-operator telekomunikasi di Indonesia.
            Harapan pribadi menginginkan perusahaan ini terus berkembang dan mampu menyediakan perangkat jaringan yang berkualitas yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia di zaman era digitil saat ini yang terus berkembang sangat pesat. Disamping itu juga dapat membuka lapangan pekerjaan yang membantu kesejahteraan negara.







SUMBER:
www.balitower.co.id
 


 

 



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews