Selasa, 05 Januari 2016

Kita Mencapai Target



 
       Mencapai target yang kita inginkan menghasilkan kebahagiaan tersendiri. Seperti ketika Saya dan teman-teman berhasil membuat acara yang meriah pada acara kemerdekaan Republik Indonesia 2 tahun yang lalu. Berawal dari undangan yang dibuat oleh pembina Ikatan Remaja Blok Sawo untuk mengumpulkan remaja di lingkungan sekaligus membicarakan tentang rencana membuat acara pada bulan suci Ramadhan dan HUT RI. Hasil dari rapat tersebut adalah memilih ketua dan wakil ketua pelaksana serta tugas dari masing-masing anggota. Kegiatan pertama yang dijalankan adalah menyebarkan undangan, selanjutnya pemungutan dana ke warga sekitar dengan target dana pada waktu itu sebesar 16 juta rupiah. Untuk memenuhi target tersebut tidak terpaku dengan hasil dari warga tetapi dari proposal dan donatur-donatur.

        Setelah 1 bulan mencari dana, terkumpulah uang 7 juta rupiah. Rapat hampir setiap 2 minggu sekali diadakan guna membicarakan acara pertama yaitu bulan suci Ramadhan. Dari dana yang terkumpul acara di bulan suci Ramadhan pun dimulai. Acara perlombaan ada 8 di bagi 4, setiap penyelenggaraan terdapat 2 perlombaan di setiap minggunya yang diselenggarakan di mushola masing-masing RT secara bergilir. Disamping sibuknya mempersiapkan acara tersebut, anggota harus terus mencari dana setiap minggunya yang masih belum mencapai target dan acara berjalan baru setengah dari yang sudah diagendakan.

        Acara selanjutnya adalah perlombaan HUT RI. Agenda acara yang pertama adalah sebelum tanggal 17 Agustus yaitu futsal, lari marathon, setelah itu lomba sepeda hias. Pada pertandingan futsal diselenggarakan di tempat penyewaan lapangan futsal terdekat. Acara dimulai dari pagi hingga sore hari. Lari marathon yang diikuti semua umur ini dikategorikan berdasarkan umur dan jenis kelamin. Rute yang ditempuh cukup jauh sekitar 3 km. Lomba sepeda hias untuk anak-anak dikategorikan berdasarkan jenis kelamin melalui rute yang sama dengan lari marathon.  Pada tanggal 17 Agustus acara yang diselenggarakan masing-masing RT dengan hadiah yang sudah disediakan kemudian dibagikan ke masing-masing RT. Pelombaan seperti biasa yang diadakan setiap tahunnya. Dari pencapaian sampai saat ini bukan tanpa kendala. Dari rapat, pemungutan dana, hingga pelaksanaan masalah tetap ada, akan tetapi masalah itu dapat diselesaikan dengan kekompakan.

        Seletelah acara HUT RI yang melelahkan, kami fokus ke acara inti yaitu pentas seni sekaligus pembagian hadiah futsal, marathon, dan sepeda hias. Pada saat mempersiapkan acara ini hampir setiap hari rapat diadakan. Dana yang terkumpul ternyata sedikit melebihi target. Dari dana tersebut kami ingin membuat acara yang semeriah mungkin dan dapat dikenang oleh semua warga yang menyaksikan. Berawal dari persiapan tempat, penataan panggung, dan susunan acara. Dan yang paling sulit adalah susunan acara. Dilihat dari banyaknya peserta tari-tarian dan lain sebagainya, ketepatan waktu dalam penyusunan acara sangat dibutuhkan. Waktu yang disediakan hanya sekitar 5 jam dimulai acara dari pukul 7:30 sampai 00:00. Sebelum acara ini paginya diisi kegiatan panjat pinang disertai music akustik dari panggung yang sudah selesai didekorasi. Kegiatan tersebut berlangsung hingga malam puncak yang meriah.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews