Senin, 16 November 2015

Ikhlas dan Sabar



          Mengenai sifat ikhlas dan sabar adalah kedua sifat yang sangat berkaitan. Kedua sifat ini Saya katakan mulia. Orang yang memiliki sifat ini jelas memiliki keistimewaan. Sulit untuk melakukan, terlebih mempertahankannya. Berbicara mengenai sifat mulia ini, sangat berkaitan dengan Maha Pencipta yang menciptakan sifat mulia ini. Sifat sabar adalah sifat Allah SWT yang harus diimplementasikan dalam kehidupan. Tidak mudah mendapatkan sifat sabar dan ikhlas yang hakiki, perlu melewati ujian-ujian dalam kehidupan.

          Banyak cerita dan contoh di dalam Al-Qur’an dan Sunnah mengenai sifat ikhlas dan sabar. Tidak ada contoh yang paling baik selain dari Al-Qur’an dan Sunnah. Banyak cerita Nabi tentang kedua sifat ini yang harus umat manusia contoh dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi Saya akan mengambil sedikit contoh dari sedikit pengetahuan yang Saya miliki.

          Sifat sabar yang dimiliki Rasulullah SAW ketika memberi makan nenek buta Yahudi yang sangat membenci Rasulullah SAW. Ketika Rasulullah SAW mengetahui hal tersebut, Beliau langsung menghampiri nenek itu dan memberi makan setiap hari serta menyuapinya. Ketika disuapi Rasulullah SAW, nenek buta itu selalu membicarakan orang yang tidak disukainya itu, padahal yang menyuapinya itu adalah orangnya. Suatu ketika Rasulullah SAW wafat. Nenek buta itu bertanya kepada seseorang. Kemudian orang tersebut menceritakan yang sebenarnya. Dan akhirnya nenek buta itu kemudian menyatakan keislamanya dengan sebab kesabaran, kelembutan, dan kemuliaan Rasulullah SAW.

          Sifat ikhlas adalah yang paling sulit. Karena tidak ada yang mengetahuinya selain Allah SWT. Ketika seseorang beribadah Ia yakin bahwa ibadahnya ikhlas karna Allah SWT. Akan tetapi belum tentu dipandangan-Nya sama dengannya. Jadi tidak ada yang dapat diceritakan tentang sifat yang satu ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews